KONVENSIONAL

MODULLA - NUKLEA FORMULA

KONSEP: Menggunakan banyak buruh murah, namun tidak berpengalaman, kualitas material rendah. Menghasilkan rumah yang asal jadi, penghuni harus merenovasi kembali sebelum bisa menempati rumah. Pada akhirnya Pengembang hanya menjual tanah dengan harga tinggi.

KONSEP: Membuat sebanyak mungkin komponen rumah di pabrik, dimana produktifitas pekerja dan kualitas produk bisa dikontrol. Komponen kemudian dirakit di tempat. Kualitas struktur dan komponen standar, konsisten dan bergaransi. Rumah bisa langsung ditempati.

LAHAN: Setelah mendapatkan izin lokasi Pembangunan Realestat harus membebaskan lahan dari rakyat/penduduk setempat. Di daerah perkotaan lahan sudah sulit didapat dan mahal. Rumah permanen, namun oleh karena kualitasnya buruk, hanya bisa bertahan 5-6 tahun.

LAHAN: Lahan di dalam kota yang kurang produktif bisa disewa dari Pemerintah Daerah untuk waktu tertentu; perumahan sementara bisa dirakit dalam waktu cepat, ditumpu s/d 4 tingkat. Bila diperlukan rumah sementara bisa dibongkar/pindah, 80% komponen masih bisa dipakai  kembali.

INFRASTRUKTUR: Pembangunan jalan, saluran air limbah, sumur & septik tank tersendiri.

INFRASTRUKTUR: Pembangunan jalan, saluran air limbah, sumur tersendiri & septik tank kolektif.

LANTAI: Keramik, disemen diatas landasan batu kerikil dan pasir.

LANTAI: Lantai dasar bisa dari panel konkrit berongga, ataupun plywood.

DINDING: Diperlukan tulangan beton sebagai struktur. Tembok dibuat dari bata merah atau batako kampung yang mudah tembus air. Masih perlu dilapisi/finish dengan acian 2-3 cm lagi dibagian luar & dalam.

DINDING: Panel dinding dibuat di pabrik dengan sistem ekstrusi, dimana kualitas bisa dikontrol. Tersedia pilihan panel dinding sandwich (terinsulasi & ringan) berbagai warna/tekstur.

KUDA-KUDA: Dibuat ditempat, pekerjaan tangan memakan waktu yang lama, dan kurang presisi. Penggunaan kayu balok besar, kaso & reng lebih banyak. Pemasangan genteng tidak rata - jadi terjadi banyak kebocoran. Pemasangan keatas membutuhkan banyak pekerja.

KUDA-KUDA: Desain dihitung menggunakan sistem PRYDA, pembuatan dilakukan di pabrik menggunakan mal dan mesin hydraulic. Produksi bisa 8 set untuk type 54 m2/hari/shift. Kekuatan dan presisi lebih tingggi, kayu diawetkan. Pemasangan genteng lebih rata mengurangi kebocoran. Lebih hemat kayu.

LANGIT-LANGIT: Pemasangan eternit membutuhkan struktur tambahan dibawah kuda-kuda, terbuat dari kayu kaso.

LANGIT-LANGIT: Gypsum, atau plywood 5 mm bisa langsung dipaku dibawah kuda-kuda karena jarak 1.2 m standar.

HARGA: Cukup murah untuk type 21 M2 (RSS), tetapi kualitas bahan dan konstruksi sangat rendah.

HARGA: Harga awal lebih tinggi, tetapi digaransi kualitas struktur & komponen (15 s/d 20 tahun).

WAKTU: Memakan waktu rata-rata 6 s/d 8 bulan dari pembuatan fondasi s/d finishing.

WAKTU: Untuk type 36 m2 hanya dibutuhkan waktu 2 minggu untuk merakit komponen s/d finishing.

Back